Tutorial Buat Animasi GIF Dengan Photoshop

Sekarang, kita akan kreasi Bolamata dari gambar wajah cewek yang tadinya matanya diam tenang menjadi bergerak genit.



OK, mari kita mulai tutorial ini.

Step 1:
Pertama buka Photoshop, copas(copy-paste) sebuah gambar cewek pada sebuah New file sebagai Untitled-1 (harap selalu Background: Transparent!).


Layer 1 (new image)


Step 2:
Sekarang seleksi/block range pupils mata gunakan Polygonal Lasso, Pen Tool atau edit pakai 'Quick Mask Mode'



Step 3:
Bikin New Layer dan isi seleksi tersebut dengan warna putih gunakan Brush/Pencil Tool.
Bila masih terlalu terang, gunakan 'Burn Tool' untuk highlight/sorot warna untuk dikurangi, disesuaikan aslinya, dan isikan dengan Shadows. Lalu Deselect selection range, akan terlihat seperti gambar dibawah:


Layer 2 (pupils layer)


Untuk lengkapnya lihat palette History + palette Layers seperti berikut:


Palette-1 dan Palette-2


Step 4:
Sekarang tampilkan/unhide Layer 1 dengan dragging dari bawah ke paling atas, selection range kedua bolamata, copas ke New file lain sebagai Untitled-2 untuk diedit.
Paste 2x sebagai Layer 1 dan 2 supaya mudah diperbandingkan selama editing. Lalu drag 'selection range' bolamata dari Untitled-1 ke Untitled-2 dan pindahkan pada items Layer 2 (sebelum dragging, pastikan kursor anda harus pada posisi Marquee Tool), cara ini dengan tujuan sewaktu Clone Stamp digunakan tidak melewati batas range items yang diseleksi. Gunakan Clone Stamp untuk edit: Stempel bidang yang akan dikloning dengan hold Alt key + Stamp > lepaskan Alt > lalu Stamp ke bidang target.




Untitled-1 + Untitled-2


Step 5:
Selesai edit, copas bolamata ke pic Untitled-1 yang sedang terbuka sebagai Layer 3 (lihat Figure Palette-2 utk detil). Sekarang kita mempunyai bolamata full yang utuh, sehingga takkan terlihat cacat sekalipun digerakkan keatas maupun kebawah, tetap terlihat utuh seperti Figure Step 6.


Layer 3 (bolamata saja)


Step 6:
Pada palet Layers sekarang terlihat ada 3 layers: Layer 2 (paling bawah), Layer 1 (tengah) dan Layer 3 (paling atas).
Sekarang tarik/drag Layer 2 ke baris tengah. Letakkan cursor anda pada palette Layer 3 (layer bolamata) > Lalu hold Alt key + klik garis diantara Layer 3 dan 2.
Ini tehnik Clipping Mask namanya. Artinya Topeng kliping dimana Pixel transparan dari isi layer bawah akan menutupi isi layer diatasnya. Demikian juga sebaliknya tergantung kursor diletakkan, hal ini supaya pupils mata tidak menutupi bolamata yang tersembunyi didalam kelopak mata.


Klik Move Tool untuk menggeser/menggerakkan bola mata via mouse atau arrow key.
Sekarang kemanapun bolamata digerakkan, akan selalu tetap berada/tersembunyi didalam kelopak mata,
tanpa menutupi sebagian tepi kelopak mata sebagaimana terlihat pada Figure Step 5 (sebelum di Clipping Mask).


Step 7: (Final Step)
Buka palet Animation pada tab Window dan buat sebuah animasi dengan menggerakkan eyeballs/bolamata sesuai keinginan. Lihat rincian lebih lanjut di bawah gambar tentang bagaimana cara bekerja dengan palet Animation Layers.




How to work with palette Animation Layers on Photoshop:
  1. Buka Animation palette dengan klik tabmenu Window
  2. Pada file Step 6 klik MoveTool untuk moving eyeballs ke posisi baru via mouse atau keyboard. Sebaiknya pakai Arrow key dari keyboard anda, lebih akurat.
  3. Lalu Ctrl A > Edit - Copy Merged > sebaiknya paste ke New file, katakanlah Untitled-3 (sebagai Frame1)
  4. Pada palet Animasi klik 'Duplicates selected frames' sebanyak 10 - 20 frames total tergantung kesukaan anda.
  5. Select Frame2 > bikin New Layer(Layer 2) > Balik ke file Step 7, Deselect seleksi sebelumnya > moving eyeballs ke lain posisi baru
  6. Lalu Ctrl A > Edit - Copy Merged > paste/timpa aja ke Untitled-3 pada Layer 2 yang baru dibikin
  7. Select Frame3... Demikian seterusnya ulangi seperti langkah 5 + 6 hingga semuanya selesai.
  8. Selesai semua, select Frame1 > Hide layers dengan hilangkan semua icon mata 'Indicates layer visibility' pada palet Layers (disamping kiri), sisakan icon Layer 1 saja tetap hidup. Lalu select Frame2 diikuti dengan klik icon mata untuk dimunculkan lagi pada sesama Layer 2(harus 1-per-1). Demikian pula ulangi untuk Frame3 dan seterusnya hingga selesai.
  9. Terakhir silahkan press tombol Play untuk test jalankan animasi dan 'Save for Web' atau 'Save As' sebagai GIF file. Selamat sukses mencoba..!


Berikut adalah hasil akhir setelah membuat animasi keren seperti ditunjukkan pada gambar di bawah. Saya lampirkan file Master untuk unduhan bila diperlukan (Master file dengan ext .PSD) > buka melalui Photoshop > Select MoveTool dan silahkan coba putar atau gerakkan bolamata. Anggaplah ini sebagai bahan percobaan anda untuk membuat animasi seperti Final screenshot... Have fun!


 
Final screenshots


Sumber : K*as*kus



Previous
Next Post »